BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota Lindungi 792 Orang Petugas dan Pengawas Pilkada Serentak 2024

KILASRIAU.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Pekanbaru siap memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi Petugas Penyelenggara dan Petugas Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kota Pekanbaru. Baik itu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, KPU Kota Pekanbaru dan Bawaslu Kota Pekanbaru, BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota menyerahkan langsung secara simbolis kartu kepesertaan kepada perwakilan petugas KPU dan Bawaslu Kota Pekanbaru pada Launching Pilwako Pekanbaru, Sabtu (21/6/2024) malam lalu.

Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa menjelaskan, perlindungan dari program BPJS Ketenagakerjaan itu penting. Petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024 wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial atas resiko saat melaksanakan tugasnya.

"Pemko Pekanbaru ingin mendorong petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024 di Kota Pekanbaru terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Tugas mereka sangat banyak dan itu cukup berat. Artinya resiko kerja di lapangan juga cukup besar. Sehingga perlu adanya jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugasnya," ujar Risnandar.

Sementara itu, Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, Iman S Achwan mengapresiasi Pemko Pekanbaru yang memberikan perlindungan Jamsostek bagi petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024. Diakuinya, perlindungan bagi para petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024 kali ini sangat penting. Sebab, saat bekerja di lapangan, petugas dan pengawas Pilkada Serentak memiliki resiko kerjanya cukup tinggi.

"Pada Pilkada Serentak 2024 ini, BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota akan melindungi 792 orang petugas dan pengawas Pilkada di Kota Pekanbaru," terang Iman.

Adapun rinciannya, papar Iman, petugas di KPU Kota Pekanbaru sebanyak 622 orang di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kemudian, petugas di Bawaslu Kota Pekanbaru sebanyak 170 orang di Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan (Panwaskel).

"Program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang akan diterima petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024 di Kota Pekanbaru adalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Perlindungan ini berlangsung sampai dengan masa tugas selesai," kata Iman.

Dengan terlindungi pada program Jamsostek, lanjut Iman, petugas dan pengawas Pilkada Serantak 2024 di Pekanbaru tak perlu risau lagi dalam menjalani pekerjaan mereka. Para petugas dalam menjalankan tugasnya selangkah lebih merasa aman dan nyaman. Ini merupakan salah satu bukti hadirnya negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja, termasuk para petugas dan pengawas Pilkada Serentak 2024.

"Kami berkomitmen menjangkau seluruh sektor pekerja yang ada. Kehadiran negara melalui BPJAMSOSTEK ini harus dirasakan semua kalangan, terlebih bagi pekerja-pekerja yang ada di ekosistem Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Kawan-kawan yang nanti akan membantu negara dalam menyelenggarakan Pesta Demokrasi ini harus didorong agar terlindungi. Bila terlindungi, mereka bisa bekerja dengan tenang dan menjadi pekerja Indonesia yang sejahtera," ucap Iman.






Tulis Komentar