Sambut Perwira Siswa KKDN, Danlanud RSA : Ini Adalah Momen Berharga Untuk Bertukar Pengetahuan

Kilasriau.com - Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA) Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han, menyambut dengan hangat kunjungan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dari Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Angkatan ke-62 Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal). Acara ini digelar di Graha Serasan Lanud RSA Natuna, Selasa (25/6/2024).

Dipimpin oleh Dosen Pembimbing Seskoal, Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E., kunjungan ini melibatkan sepuluh perwira siswa dan beberapa dosen pembimbing. Danlanud RSA menyambut rombongan dengan didampingi oleh beberapa pejabat Lanud, termasuk Para Kadis, Danskadron Udara 52, Dansatrad 212, serta Dandenhanud 477 Kopasgat.

Dalam sambutannya, Danlanud RSA mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesempatan yang berharga ini.

"Saya merasa terhormat dapat menerima kunjungan rekan-rekan dari Seskoal di Lanud Raden Sadjad. Ini adalah momen berharga untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman demi meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas negara," ujarnya.

Ia juga menegaskan pentingnya peran strategis wilayah Natuna dalam menjaga kedaulatan NKRI. "Wilayah ini, dengan kondisi geografis yang unik dan letaknya yang strategis, memerlukan perhatian dan pengawasan khusus. Peran TNI AU dan TNI AL sangat penting untuk menjamin keamanan dan stabilitas di kawasan ini," ucapnya.

Danlanud RSA berharap kunjungan KKDN ini memberikan pemahaman menyeluruh tentang situasi di Natuna dan mendorong sinergi antara TNI AU dan TNI AL dalam menjaga wilayah tersebut.

"Saya mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara TNI AU dan TNI AL dalam berbagai operasi dan latihan bersama, yang memperkuat soliditas dan kapabilitas kita dalam menjaga kedaulatan negara," tuturnya.

Danlanud RSA mengucapkan selamat datang kepada para perwira siswa dan berharap kunjungan ini bermanfaat serta menjadi bagian penting dari proses pembelajaran siswa Seskoal.

Sementara itu, sambutan Danseskoal dibacakan oleh Dosen Pembimbing Seskoal, Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E. Ia menyampaikan bahwa KKDN adalah kegiatan wajib yang harus ditempuh oleh para siswa sebagai calon pemimpin TNI/TNI AL dan Polri di masa depan.

"Kegiatan ini dirancang agar para siswa mampu mengambil keputusan terbaik dalam menghadapi berbagai permasalahan, terutama dalam konteks strategi pertahanan negara di laut," jelasnya.

Lebih lanjut, Kolonel Agus menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali para perwira siswa dengan kemampuan mengumpulkan data tentang sumber daya nasional aspek maritim suatu wilayah melalui penelitian dan peninjauan.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah agar para perwira siswa mampu merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI AL serta memperkirakan risiko dalam mendukung sistem pertahanan di laut," tambahnya.

Kegiatan forum strategi KKDN ini telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2024 dengan diikuti oleh 182 Perwira siswa Angkatan ke-62 TA 2024. Untuk di wilayah Natuna diikuti oleh 10 perwira siswa terdiri dari 9 perwira siswa dari TNI AL dan 1 perwira siswa dari Polri, didampingi oleh 3 dosen dan 3 tim aju.

Selain di Natuna, pelaksanaan KKDN dilaksanakan di empat wilayah sasaran lainnya di sekitar Alur Kepulauan Laut Indonesia (ALKI 1), yaitu di Natuna, Tanjungpinang, Batam, Pontianak, dan di Bangka Belitung.






Tulis Komentar